Pengenalan dan Pemahaman Sebelum Beternak Puyuh Petelur

Pada zaman globalisasi ini kita seperti dituntut untuk menciptakan peluang usaha yang baru. Puyuh petelur bisa menjadi salah satu prospek usaha yang bagus jika ditekuni. Sebelum  memahami lebih jauh tentang usaha ini ada baiknya kita mengenal lebih dekat tentang burung puyuh.

Puyuh merupakan salah satu hewan tergolong bangsa burung (aves) dan orang jawa sering menyebutnya "gemak". Jenis burung puyuh ada banyak namun paling sering kita jumpai di peternakan puyuh petelur yang ada di Indonesia adalah Coturnix c. japonica (japanese  quail). Peternak yang menggunakan jenis puyuh tersebut mudah dijumpai di daerah Yogyakarta, Jawa Tengah, Jawa Barat, Jawa Timur dan Sumatera.
Gambar Puyuh Petelur

Coturnix-coturnix Japonica memiliki ciri-ciri seperti bagian bawah perut memiliki warna cokelat muda terang, kepala, sayap dan punggung memiliki warna cokelat dengan garis cokelat muda yang dipadukan dengan tutul-tutul hitam. Puyuh jenis ini mampu menghasilkan 200 - 300 butir per ekor per tahunnya dan pada puncak produktivitasnya mampu mencapai kurang lebih 10kg per 1000 ekor per hari.

Sebelum anda beternak puyuh petelur ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, pemilihan lokasi kandang sebaiknya agak jauh dari pemukiman padat penduduk dan sebaiknya ijin dengan warga sekitar terlebih dahulu ini disebabkan saat puyuh mulai bertelur bau kotoran (tinja) akan menyengat sekali. Lokasi kandang harus memiliki sirkulasi udara yang baik. Bagi peternak yang akan menggunakan kotoran (feses) puyuh sebagai pupuk diprioritaskan tempat kotoran dapat menampung feses puyuh dalam jangka yang panjang, sebab ada peternak yang memanfaatkan tinja puyuh sebagai pakan lele jadi tidak begitu memikirkan lokasi penampungan yang luas.

Berberapa manfaat beternak puyuh petelur, seperti harga telur relatif stabil sehingga resiko kerugian kecil, afkiran puyuh dapat dijual kembali, dan kotoran puyuh sebagai kotoran organik memiliki nilai jual yang cukup tinggi dibanding pupuk ternak lainnya, sekitar Rp 15.000 per sak.
Sekian dahulu yang dapat kita sampaikan tentang informasi sebelum beternak puyuh petelur bagi pemula, sehingga dapat membantu dan memiliki gambaran sebelum terjun ke dunia usaha ini. Semoga bermanfaat untuk anda sekalian.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengenalan dan Pemahaman Sebelum Beternak Puyuh Petelur"

Post a Comment