Gadget Menjadi Salah Satu Kebutuhan atau Gaya Hidup Semata ?

Inovasi dunia gadget mengalami kemajuan yang luar biasa hingga mempengaruhi psikologi manusia dalam berhubungan interaksi antara manusia dengan manusia atau manusia dengan lingkungannya. Saat ini kita memasuki gelombang ketiga menurut Alvin Toffler. First Wave terjadi pada tahun 1650 hingga 1750 dimana pada masa ini dilakukan secara manual dengan menggunakan otot dan tenaga sering disebut juga "masa bercocok tanam". Pada awal abad ke-18 dijadikan gelombang kedua seiring terjadinya revolusi industri yangmana tenaga manusia mulai diggantikan oleh tenaga mesin dan terciptanya produksi massal sehingga massal mengakibatkan kelahiran bentuk baru ekonomi dan adopsi dari konsep-konsep manajerial yang baru seperti: standardisasi, spesialisasi, sentralisasi, sinkronisasi, ekonomi skala dan perusahaan..
Gadget Menjadi Salah Satu Kebutuhan atau Gaya Hidup Semata ?

Setelah perang dunia kedua berakhir kita mulai memasuki gelombang ketiga (Third Wave), era ini sering disebut abad informasi walaupun tenaga mesin masih digunakan tetapi ditambah teknologi pengetahuan dan dan dalam perkembangannya mulai timbul apa itu demasifikasi, desentralisasai dan konsumtif. Pada masa gadget sekarang ini dalam masyarakat menimbulkan gejala sosial yang baru dan munculnya suatu generasi baru yang disebut "generasi merunduk" atau "generasi bisu" yaitu sebuah generasi yang tak banyak berkomunikasi secara tatap muka. Sebagian orang dibelahan bumi ini gadget merupakan salah satu kebutuhan yang dapat membantu dan mempermudah dalam aktifitas kesehariannya karena fitur dan aplikasi dalam gadget itu yang sangat mendukung kerja dan aktifiitasnya dan sebagian lainnya memiliki gadget sebagai lifestyle atau gaya hidup dan mereka biasanya selalu mengikuti trend gadget terbaru tidak mempedulikan aplikasi atau fiturnya atau disebut trend follower karena dapat menambah kepercayaan dirinya dan di anggap wah oleh orang lain, semetara yang berkembang sekarang ini gadget menjadi sebuah gengsi di masyarakat Indonesia.

Saran penulis sebaiknya kita harus cermat dalam memilih dan memiliki gadget jangan sebatas gaya-gayaan saja atau lifestyle tetapi juga menjadi sebuah kebutuhan disesuaikan yang menjadikan aplikasi atau fitur didalamya dapat mendukung dan membantu kerja/ aktifitas kita sehari-hari. Jadi pada dasarnya kemajuan gadget dan teknologi akan membawa kita ke arah yang lebih baik atau menuju ke arah yang lebih buruk dan itu semua tergantung kembali kepada diri kita sendiri.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Gadget Menjadi Salah Satu Kebutuhan atau Gaya Hidup Semata ?"

Post a Comment