Pohon Yodium (Jarak Cina) Sebagai Obat Alami Penyembuh Luka

Ketika pagi hari saat membuka jendela rumah, mata saya terfokus pada sebuah pohon yang berada di belakang rumah dan ingin membahasnya dalam artikel di blog ini, pohon tersebut adalah pohon yodium atau jarak cina yang memiliki bahasa latin  Jatropha multifida L. yang merupakan famili Euphorbiaceae. Banyak sekali sebutan untuk tanaman yang memiliki daun menyerupai daun pepaya ini ada yang menamainya jarak tintir, jarak gurita, balatai, di ternate menyebutnya batai,  coral plant di inggris dan di daerah afrika memiliki nama "miodine".


Pohon Yodium (Jarak Cina) Sebagai Obat Alami Penyembuh Luka
Pohon Yodium berkhasiat untuk penyembuhan luka terbuka atau luka gores, yangmana proses penyembuhan dan proses regenerasi jaringan jauh lebih cepat daripada betadin atau obat merah tetapi tanaman ini tidak bisa menghilangkan bekas luka yang telah sembuh. Pohon Yodium (Jarak Cina) mengandung zat kimia bersifat antibacterial seperti beta sitosterol, stigmaterol,alpha amirin, kampesterol, HCN, dan 7-alfa-diol, pada batang tanaman ini juga mengandung alkaloid (zat berguna untuk anti pendarahan), tannin, flavonoid dan saponin.

Cara menggunakan pohon yodium cukup mudah, bagi anda yang mengalami luka bedarah  petik satu tangkai daun pohon betadin dan oleskan getah yang keluar dari ujung batangnya pada area yang mengalami luka. Pohon yodium ini juga berkhasiat untuk menyembuhkan pembengkakan akibat terpukul, terkilir atau patah tulan dengan cara menumbuk hingga halus tujuh lembar daun yang masih segar yang telah dicucui terlebih dahulu lalu tambahan sedikit air hangat oleskan pada bagian tubuh yang terasa sakit.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pohon Yodium (Jarak Cina) Sebagai Obat Alami Penyembuh Luka"

Post a Comment