Membuat Media Tanam untuk Sayuran Organik

Sebelum kita bercocok tanam sayuran organik pastilah mempersiapkan medianya terlebih dahulu, walaupun media tanam sudah banyak dijual toko sarana pertanian atau penjual tanaman alangkah lebih baik kita mengetahui cara bagaimana membuat media tanam sendiri sebab ini sangat mempengaruhi keberhasilan anda dalam menanam sayuran organik. Jika kita punya keinginan utuk membuatnya tidak terlalu sulit seperti yang kita bayangkan,bahan yang kita perlukan untuk membuat media tanam sayuran organik adalah tanah, arang sekam, kompos / humus dan pasir.
Tanah dan Pupuk Organik
Media Tanah dengan Pupuk Organik
  • Tanah
Tanah merupakan bahan utama dalam pembuatan media tanah, sebaiknya tanah diambil dari lapisan bagian atas (top soil) kurang lebih 20 cm dari permukaan tanah dan harus terbebas dari penyakit yang dibawa dari tanah (soil born). Tanah juga harus gembur (tidak terlalu berpasir dan tidak terlalu lempung) dan mengandung unsur hara, zat organik dan mineral yang dibutuhkan oleh tanaman. Untuk meningkatkan keasaman tanah (pH) anda dapat menaburkan dolomit yang didalamnya mengandung mineral, kalsium dan magnesium.
  •  Arang Sekam
Arang sekam merupakan hasil pembakaran yang tidak sempurna dari sekam padi, dimana cara pembuatanya ada dua macam dengan dibakar atau disangrai. Arang asam memiliki tekstur kasar dan ringan.Jika anda menginginkan yang sudah jadi dapat membelinya di toko/kios penjual tanaman atau sarana pertanian. Arang sekam berfungsi untuk meningkatkan kapasitas porositas tanah, menetralisir racun, memperbaiki drainase dan aerasi pada tanah serta meningkatkan pertumbuhan mikroba yang menguntungkan bagi tanaman.
  • Kompos / Humus
Kompos adalah bahan organik yang dihasilkan melalui proses pembusukan yang dilakukan oleh bakteri pembusuk, humus ini berfungsi sebagai penyedia unsur hara bagi tanaman sehingga produksi menjadi lebih tinggi. Kompos terdiri dari dua macam kompos yang diproses secara alami dan melalui fermentasi dengan menambahkan mikroba sebagai pengurai untuk membantu proses pembusukan. Sebagai pengganti kompos atau humus anda dapat menggunakan pupuk kandang yang berasal dari kotoran hewan ternak atau unggas setelah proses fermentasi. Untuk pupuk kandang atau hijau diupayakan untuk menggunakan pupuk kandang yang benar-benar sudah matang.dengan tekstur berbentuk granul seperti tanah.
  • Pasir
Pasir diperlukan untuk mengatasi tanah yang bersifat lempung yang lebih sulit ditembus oleh air dan mencegah media yang terlalu basah dan mengurangi air tergenang dalam media tanam.

Pupuk Kandang
Pupuk Kandang Organik
Cara membuat media tanam organik

Cara memperaktekan untuk membuat media tanam sangat sederhana, tinggal mencampur bahan bahan atau material diatas dengan komposisi 2:1:1 (2 tanah, 1 arang dan 1 kompos atau humus) lalu sediakan pot, polybag atau ember yang sudah tidak terpakai dan masukan bahan yang telah dicampur tadi kedalamnya. Jika tanah tidak mengandung pasir anda dapat menambahkan kedalam campuran media tanam. Komposisi media tnam dapat berbeda-beda sesuai dengan jenis tanaman yang akan ditanam, maka bisa disesuaikan dengan jenis tanaman yang akan dibudidayakan.
Tips dari penulis adalah sebaiknya media tanam disangrai terlebih dahulu dalam suhu 100 derajat celcius agar serangga, gulma atau jamur/ fungi dapat disterilkan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Membuat Media Tanam untuk Sayuran Organik"

Post a Comment