Cara Setting Robot.txt Pada Blogspot Agar SEO Friendly

Setiap blogger pasti ingin blognya cepat terindeks oleh mesin pencari (search engine), oleh karena itu kita perlu mengatur robot.txt dan tag tajuk (header) robot khusus agar blog menjadi SEO Friendly. Robot.txt merupakan sebuah konvensi untuk memerintah web crawler atau robot mesin pencari untuk menjelajahi atau mencegah semua halaman atau hanya beberapa halaman dari suatu blog / website. Pemasanagan atau pengaturan robot txt ini adalah salah satu teknik SEO (Search Engine Optimization) yang berfungsi untuk meningkatkan visibilitas sebuah halaman website menjadi lebih baik di mata mesin pencari atau search engine.
Berikut adalah tutorial cara setting atau penempatan custom robot.txt  dan tag tajuk robot khusus pada blogspot/ website anda dengan langkah-langkah yang tertera di bawah ini:
  1. Silahkan sobat masuk (login) ke akun bloggeryang anda miliki.
  2. Buka Dashboard > Setting > Preferensi Penelusuran > Perayapan Dan Pengindeksan
  3. Klik 'Custom robots.txt' > tekan 'Ya' untuk mengaktifkanya
  4. Kemudian cantumkan settingan ini pada blog anda seperti gambar dibawah ini, pada sitemap cantumkan url blog anda
  5. Klik 'Simpan perubahan' untuk menyimpan custom robots.txt.
  6. Setelah tahapan diatas selesai anda dapat mengedit bagian Tag tajuk robot khusus silahkan setting seperti gambar dibawah ini
  7. Klik 'Simpan perubahan' dan selesai
Sekian dahulu tutorial yang saya sampaikan semoga berguna buat sobat sekalian dan website/blog anda lebih SEO friendly, jika ada tambahan atau saran anda dapat menyampaikan di kolom komenrtar dibawah ini.

NB: Anda harus hati-hati dalam menggunakan robot.txt sebab penggunaan yang salah atau mengunakan fitur yang tidak tepat akan berakibat buruk terhadap blog saudara sehingga bot crawler mesin telusur tidak dapat mengindeks blog sobat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Setting Robot.txt Pada Blogspot Agar SEO Friendly"

Post a Comment