Mendapatkan Hasil Telur Puyuh Yang Baik

Mendapat hasil telur yang maksimal merupakan tujuan kita sebagai peternak puyuh, segala sesuatu yang menunjang hasil telur yang baik haruslah kita perhatikan. Sebelum membahas lebih jauh tentang hasil produksi telur ini sebaiknya kita harus mengetahui ciri- ciri telur yang baik sebagai berikut:
  • Bentuk sedikit lonjong dengan kondisi telur tidak retak dan utuh
  • Cangkang telur halus dan bersih tidak ada kotoran yang melekat disekitarnya
  • Cangkang telur tebal, biasanya jika jatuh dia tidak langsung pecah kemungkinan retak
  • Cangkang berwana putih kekuningan dan tidak ada bercak kelabu yang merata pada kulit telur
  • Bobot telur puyuh sekitar 10-11gram/butir
Telur Puyuh Baik
Contoh Telur Puyuh Yang Baik
Setelah kita memahami yang tertera diatas ada beberapa faktor yang mendukung untuk mendapatkan produktivitas telur yang baik. Gunakan pakan layer murni (tanpa bahan campuran)untuk mendapatkan hasil telur yang baik, kadang peternak selalu mengeluh jika menggunakan pakan layer akan mendapatkan keuntungan kecil apalagi peternak yang bermitra dengan perusahaan atau PT. Jika anda dapat mengatur pola makan puyuh mungkin anda tidak terlalu boros dalam pengadaan pakan sehingga cost dapat di tekan, penulis di sini mempraktekan kira-kira antara 23-24 gram/ekor per harinya. Masalah kondisi Kandang juga penunjang untuk mendapatkan telur yang maksimal, sebaiknya Rumah kandang puyuh memiliki sirkulasi udara yang baik dan kandang diusahakan jangan terlalu pengap (sumpek kata orang jawa bilang)sebab sangat berpengaruh pada puyuh itu sendiri. Kotoran puyuh sebaiknya dilakukan dua hari sekali agar kadar amoniak tidak terlalu tinggi.

Contoh Jenis Telur Puyuh Kualitas Jelek
Tempat minum air sebaiknya dibersihkan setiap hari agar puyuh dalam keadaan fit selalu. Jika kita mendapati hasil panen telur banyak cangkang yang jelek atau tidak tebal dan keras anda dapat menambahkan vitamin dan mineral pada makanan agar cangkang telur dapat kembali seperti biasanya. Hanya ini yang dapat penulis sampaikan jika ada kekurangan mohon dimaafkan dan anda yang memiliki pengalaman tentang hal ini anda dapat menulis di kolom komentar dibawah ini

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mendapatkan Hasil Telur Puyuh Yang Baik"

Post a Comment